Sabtu, 02 Juni 2012

Komunikasi

KOMUNIKASI
Secara umum setiap manusia yang hidup dalam masyarakat akan terlibat dengan yang namanya komunikasi. Hal tersebut terjadi karena manusia pasti berhubungansosial. Komunikasi merupakan hal yang penting dalam hidup, kita tidak mungkin tidak berkomunikasi, baik secara sengaja maupun tidak disengaja.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya,komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi,sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh phak lain. Selain itu,dalam kehidupan sehari-hari,komunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi antar personal ataupun masyarakat.
Sekolah adalah tempat bertemunya berbagai macam orang. Kalau kita perhatikan, mereka pasti saling berinteraksi satu sama lain dalam bentuk individu-individu maupun berkelompok. Interaksi yang berlangsung dengan saling pengertian antar sesame siswa akan menghasilkan suatu hubungan yang baik, sehingga akan timbul keinginan untuk bersama-sama saling mendorong (motivasi) umtuk maju dalam hal kegiatan belajar. Hal ini sangat diperlukan karena merupakan salah satu factor yang mendorong agar siswa berhasil dalam meningkatkan prestasi. Contohnya dalam sekolah seperti, hubungan guru dengan siswa, dengan adanya komunikasi maka kegiatan belajar mengajar akan berlangsung dengan baik dan lancar.
Dalam kehidupan rumah tangga, komunikasi merupakan faktor penting dalam membina hubungan rumah tangga. Seorang istri harus mengerti cara berkomunikasi dengan suami,begitu pula sebaliknya. Komunikasi dalam rumah tangga tak hanya saat berbicara empat mata melainkan saat berkumpul denga keluarga itu pun merupakan suatu bentu komunikasi. Seperti yang kita ketahui, tak sedikit rumah tangga yang hancur karena kurang memperhatikan komunikasi.
Dlam kehidupan masyarakat, komunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi antar personal maupun antar masyarakat agar terjadi keserasian dan mencegah konflik dalam lingkungan masyarakat. Dalam hubungan bilateral antar negar diperlukan juga komunikasi yang baik agar hubungan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancer. Contoh manfaat komunikasi dalam hubungan bilateral antar Negara, seprti yang terjadi antara Indonesia dengan Malaysia. Dengan adanya komunikasi yang terjalin dengan baik maka timbul kerjasama dalam berbagai bidang yang mana berdampak positif bagi kedua Negara tersebut.
Manusia adalah makhluk yang jasmani dan rohani. Karena kita makhluk yang rohani dan yang jasmani, maka apa yang ada dalam diri kita tidak dapat sepenuhnya dimengerti orang lain, jika kita tidak mau mengungkapkan kepada mereka. Orang lain tidak dapat mengerti dengan baik gagasan, pemikiran, perasaan, maksud dan kehendak kita jika kita tidak secara sadar menyampaikan kepada mereka. Namun, pengertian orang lain terhadap apa yang kita gagas, pikirkan, rasa, maksud, dan kehendaki yang kita sampaikan kepada mereka tidak secara otomatis.
Karena itu komunikasi merupakan hal yang mutlak dalam hidup kita dengan orang lain. Tanpa komunikasi, kita dan orang lain tidak dapat berhubungan dan bertukar pikiran, perasaan dan kehendak.
Dari uraian diatas dapat disimpulakn bahwa komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita. Manfaat adanya komunikasi :
1. Dengan adanya komunikasi kita dapat menjalin hubungan yang baik, sehingga timbul keinginan untuk saling memotivasi untuk maju dalam hal kegiatan belajar, sehingga berhasil dalam meningkatkan prestasi.
2. Dengan adanya komunikasi kita dapat membina suatu hubungan yang baik dan dapat mencegah terjadinya perpecahan.
3. Dengan adanya komunikasi kita dapat berinteraksi antar personal maupun antar masyarakat agar terjadi keserasian dan mencegah konflik dalam lingkungan masyarakat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar